Kelompok atau bangsa?

31 03 2009

Semakin seru saja melihat kampanye terbuka partai politik pada hari-hari menjelang Pemilu 2009 ini. Seru, penuh goyang dangdut, penuh janji-janji yang harum, dengan kibaran bendera parpol dan rusuh gara-gara senggolan kanan kiri. Ya, hanya sedikit warna dan bau pada kampanye ini.

Lama-lama, sedikit kurang enak juga melihat adanya partai yang mendasarkan dirinya pada politik sektarian. Di tengah bangsa yang sangat majemuk ini, rupanya masih ada saja yang lebih mementingkan kelompoknya sendiri dibandingkan kepentingan bangsa yang besar ini.

Beberapa hari yang lalu saya melihat kampanye salah satu partai berbasis kelompok tertentu yang rasanya cukup besar juga. Dalam kampanye itu, saya mendengar teriakan-teriakan yang sangat berbau sektarian sekali. Bukannya saya sensitif, tapi, hal itu menimbulkan sedikit rasa miris pada diri saya sendiri. Lagi-lagi, hal ini bukan karena sensitivitas saya, tapi memang karena adanya sesuatu penekanan identitas sektarian dalam hal ini.

Juga beberapa hari yang lalu, saya mendengar sebuah pendapat yang sangat nyata: di Indonesia konflik yang terjadi di jalanan tidak lebih disebabkan karena ras, suku bangsa, agama. Ya! Terlihat sekali bahwa bangsa Indonesia benar-benar lupa bahwa bangsanya adalah bangsa yang besar dan majemuk. Tidakkah lebih baik mementingkan dulu kepentingan bangsa yang lebih besar, dibandingkan menegakkan kepentingan kelompok yang nantinya malah menggilas kelompok yang lain?

Ayolah bangsa Indonesia! Yang kita butuhkan bukan bagaimana membuat kelompok kita tok yang berdiri tegak, tapi bagaimana membuat bangsa Indonesia bersama-sama bisa menegakkan kepalanya dan berjalan di tengah dunia, tanpa harus berkata “Aku dari golongan A”, “Gue dari suku B”, “Saya dari agama C”, atau apapun itu.


Actions

Information

One response

5 04 2009
...

sektarian opo?

Leave a Reply

